Monday, May 20, 2013

MAKALAH EVALUASI PENDIDIKAN


BAB I
  PENDAHULUAN
A.  Pendahuluan
Melihat perkembangan teknologi komunikasi dan globalisasi yang meningkat begitu cepat, maka sekolah sebagai lembaga pendidikan juga dituntut untuk dapat mengakomodasi kemajuan tersebut dengan meningkatkan sumber daya manusia yang berada di dalamnya.  Peningkatan kualitas pelayanan adalah salah satu hal yang paling penting untuk dicapai oleh sekolah untuk mempertahankan eksistensinya sebagai lembaga pendidik dan menunaikan tanggung jawabnya terhadap masyarakat.
Sesuai dengan peraturan pemerintah untuk meningkatkan kualitas guru di sekolah, maka dikembangkan program-program pendidikan dan pelatihan yang diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan guru sebagai fasilitator, motivator, pendidik bagi siswa-siswinya.
Bahasa adalah alat komunikasi yang paling penting untuk dapat mengakses informasi dari berbagai macam sumber. Guru dituntut untuk dapat  menyediakan dan mencari pengetahuan terbaru melalui internet. Kemampuan berbahasa, terutama berbahasa Inggris, menjadi syarat utama untuk dapat mengakses semua informasi di internet. Selain itu, penggunaan teknologi yang juga sebagian besar menggunakan Bahasa Inggris memerlukan pemahaman akan arti-arti dari setiap perintahnya.  Sekolah juga jika ingin meningkatkan standarnya menjadi sekolah dengan standar internasional maka sumber daya manusia, baik guru dan karyawan sudah harus menguasai bahasa Inggris ini sebagai bahasa yang dipergunakan sehari-hari dalam kegiatan belajar-mengajar di dalam kelas.
Melihat kebutuhan tersebut di atas, maka untuk memenuhinya sekolah mengadakan program pelatihan Bahasa Inggris yang diikuti oleh seluruh guru di Sekolah Methodist.


B.   Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka program pelatihan yang dilaksanakan sekolah dituntut untuk melaksanakan evaluasi dalam pelaksanaannya. Evaluasi dilakukan untuk melihat efektivitas pelatihan yang telah dilaksanakan dan selanjutnya digunakan untuk memperbaiki program selanjutnya. Dengan demikian perlu dibuat suatu desain evaluasi pelatihan. Makalah ini akan membahas tentang desain evaluasi pelatihan bahasa asing yaitu bahasa Inggris yang dilakukan di Sekolah Methodist.

C. Ruang Lingkup Masalah
            Pembahasan makalah ini dibagi dalam 3 bagian: Bab I. Pendahuluan, Bab II. Permasalahan, Bab III. Tujuan Evaluasi, Bab IV. Populasi dan Sampel, Bab V. Instrumen dan Sumber Data, Bab VI. Teknik Analisis Data, Bab VII. Pembahasan Masalah, Bab VIII Penutup.

BAB II
PERMASALAHAN

         Dalam hal ini sebagai permasalahan umum yang akan dicari jawabannya adalah            :“ apakah pelaksanaan program pelatihan bahasa Inggris bagi guru-guru dapat menjadi solusi untuk meningkatkan pelayanan pendidikan di sekolah dan kepuasan pelanggan, baik eksternal maupun internal?“      
Dalam program pelatihan terdapat beberapa hal yang perlu dievaluasi:
1. Aspek umum tentang program pelatihan bahasa Inggris, antara lain:
  1. Apakah program pelatihan ini menyita banyak waktu dari guru-guru?
  2. Apakah bermanfaat untuk mendukung kegiatan belajar mengajar?
  3. Apakah biaya yang dikeluarkan sesuai dengan manfaatnya?
  4. Apakah pelanggan sekolah, baik murid atau orang tua akan lebih puas?
2. Aspek kegiatan program pelatihan bahasa Inggris, antara lain:
  1. Apakah kegiatan pelatihan berjalan sesuai dengan rencana?
  2. Apakah kendala yang dirasa dalam implementasi program pelatihan?
  3. Apakah materi pelatihan relevan dengan kondisi kerja sehari-hari?
  4. Apa proses pelatihan menyenangkan dan dinikmati oleh peserta pelatihan?
3. Aspek sarana dan prasarana, antara lain :
  1. Apakah sarana dan prasarana tersedia untuk mengadakan pelatihan?
  2. Apakah sarana dan prasarana ini mencukupi untuk mengakan pelatihan yang nyaman dan menyenangkan bagi peserta?
4. Aspek panitia dan pengelola program pelatihan, antara lain :
  1. Apakah pelatih memiliki kualifikasi yang baik untuk memberikan pelatihan?
  2. Bagaimana hubungan antara guru-guru dengan panitia dan pengelola program dalam kegiatan pelatihan?
5. Aspek hasil belajar, antara lain :
a.        Apakah program pelatihan dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan berkomunikasi dari peserta untuk kualitas pelayanan yang lebih baik?
b.        Jika memang ada peningkatan kemampuan dan keterampilan berkomunikasi , berapa persen kenaikannya? Jika tidak, apa penyebabnya?


BAB III
TUJUAN EVALUASI


Tujuan dilakukannya evaluasi adalah sejauhmana efektifitas pelatihan mencapai tujuan yang ditetapkan melalui proses pengumpulan data dan informasi tentang pelatihan yang dilakukan. Tujuan khusus evaluasi pelatihan adalah :

1.    Mengetahui tanggapan peserta, panitia dan pengelola proram terhadap kegiatan pelatihan.
2.    Memperbaiki disain pelatihan.
3.    Memperbaiki metode pelatihan
4.    Mengetahui efektifitas pelatihan.
5.    Meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya pelatihan.
6.    Mengetahui justifikasi biaya pelatihan.
7.    Pelatihan sebagai sistem dari organisasi.
8.    Mengetahui efektifitas sarana dalam menunjang pelaksanaan kegiatan pelatihan.


BAB IV
POPULASI DAN SAMPEL



Evaluasi program akan dilakukan terhadap para peserta, panitia dan pengelola yang mengikuti pelatihan di Sekolah Methodist. Evaluasi akan dilakukan pada sebelum pelatihan, selama pelatihan berlangsung, dan setelah pelatihan dilaksanakan. Populasi dan sampel evaluasi yang akan diambil meliputi pelanggan dalam (internal customer) dan pelanggan luar (external customer). 
Pada Sekolah Methodist yang termasuk pelanggan dalam adalah pengelola atau penyelenggara pelatihan itu sendiri, yaitu Kepala Sekolah beserta anggota yayasan sekolah. Sedangkan pelanggan luar adalah guru-guru tingkat yang mengikuti pelatihan di sekolah.



BAB V
INSTRUMEN DAN SUMBER DATA


Instrumen yang digunakan untuk mengetahui tanggapan dari peserta program pelatihan , panitia dan pengelola program tentang pelatihan bahasa Inggris adalah wawancara dan pengamatan langsung pada saat program pelatihan dilaksanakan.
Sumber data didapatkan dari pelatih dan panitia program pelatihan bahasa Inggris .

BAB VI
TEKNIK ANALISIS DATA


Teknik yang digunakan untuk menganalisis data disesuaikan dengan bentuk permasalahan dan jenis data.
  1. Problematika atau permasalahan yang mengandung variabel tunggal dianalisis secara deskriptif kualitatif.
  2. Problematika atau permasalahan komparasi atau korelasi dijawab dengan jawaban dari data yang diolah dengan menggunakan teknik statistik korelasi.


BAB VII
PEMBAHASAN MASALAH

A. Program Pelatihan Bahasa Inggris
Pembangunan di bidang pendidikan sampai saat ini masih menjadi prioritas tama dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan menjadi barometer kemajuan suatu bangsa, oleh karenanya kebijakan pemerintah dalam endidikan mengacu kepada suatu upaya strategi pencapaian tujuan pendidikan nasional. Kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan memberikan arah kepada lembaga-lembaga di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional untuk melaksanakan program-program operasional di tingkat implementasi.
Penyelenggaraan pendidikan menuntun kepada suatu sistem kerja yang tidak parsial, karena penyelenggaraan pendidikan terjadi karena adanya jaringan kerja sama dari berbagai komponen yang ada di dalam lembaga pendidikan (sekolah) ataupun lembaga lain.
Salah satu komponen yang sangat menentukan berhasil atau tidaknya
penyelenggaraan pendidikan adalah guru. Guru sebagai ujung tombak pendidikan yang langsung berada di garis depan berhadapan dengan siswa dituntut memiliki kompetensi yang memadai. Melalui guru penanaman nilai-nilai dan pembelajaran berbagai ilmu pengetahuan, pengalaman dan keterampilan yang relevan dengan kekinian dan masa depan dapat berlangsung.
            Peningkatan kualitas sistem pendidikan di Indonesia akan sangat dipengaruhi oleh peningkatan kualitas guru sebagai pemeran utama dalam upaya peningkatan kualitas layanan bagi masyarakat. Mengingat tugas guru begitu berat maka perlunya guru untuk selalu di-update pengetahuan, wawasan, keterampilannya menuju kepada pengembangan profesi yang diharapkan.
Menurut Ace Suryadi (2001) telah ditemukan di berbagai studi bahwa mutu guru secara konsisten menjadi salah satu faktor terpenting dari mutu pendidikan. Lebih lanjut, guru yang bermutu mampu membelajarkan murid secara efektif sesuai dengan kendala sumber daya dan lingkungan. Secara rinci diungkap Suyanto (2001) bahwa selama kemampuan profesional guru belum bisa mencapai tataran ideal guru bersangkutan harus mendapatkan pelatihan yang terus menerus. Dalam era globalisasi seperti sekarang semua ilmu pengetahuan cepat usang. Apalagi kalau guru tidak di-training dan tidak bisa memperoleh akses informasi yang baru dan jika itu terjadi maka guru akan ketinggalan Maka tidak ragu lagi bahwa untuk mencapai kualitas pendidikan yang baik maka guru harus selalu ditingkatkan kemampuannya agar guru selalu segar informasinya, kuat etos kerjanya, dan
cerdas akalnya.
            Berhubungan dengan memperoleh akses informasi yang baru di atas, maka kemampuan berbahasa asing, terutama bahasa Inggris adalah suatu hal yang esensial. Di mana sebagian besar informasi yang terbaru dan hasil-hasil penemuan dan pengetahuan diterbitkan dalam internet atau media yang menggunakan bahasa Inggris.

B. Tujuan program pelatihan bahasa Inggris
            Adapun tujuan program pelatihan bahasa Inggris ini adalah untuk meningkatkan kualitas layanan dari guru-guru di sekolah dengan kemampuan komunikasi berbahasa asing, yaitu Inggris. Guru-guru diharapkan dapat menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar yang lebih kreatif dan menyenangkan dengan menggunakan metode pembelajaran yang dapat diketahui dari pengaksesan informasi melalui internet.
            Selain itu, tujuan lain adalah agar sekolah dapat menjadi lembaga pendidikan dengan standar yang mendekati internasional dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai komunikasi dalam kegiatan sehari-hari yang mencapai setidak-tidaknya 50% dari  penggunaan bahasa.

BAB VIII
PENUTUP
A. Kesimpulan
            Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa keberadaan program pelatihan bahasa Inggris bagi guru memiliki banyak manfaat dan dampak positif bagi perkembangan pendidikan dan sekolah sebagai lembaga. Sarana dan prasarana, sumber dana dan implementasinya memang masih banyak kekurangan, namun semua itu tidak melebihi batas yang telah diperkirakan.
            Untuk menyelenggarakan program pelatihan bahasa Inggris tersebut perlu dipenuhi beberapa persyaratan yang mencakup kualifikasi pelatih yang memiliki kemampuan, dan keterampilan serta interpersonal yang baik.
            Program pelatihan bahasa Inggris ini perlu didukung oleh segenap anggota sekolah, dengan harapan peserta pelatihan dan para pelanggan dapat merasakan hasilnya secara maksimal.

B  Saran
            Untuk meningkatkan efektifitas pelaksanaan program pelatihan bahasa Inggris ini, maka perlu kiranya memperhatikan beberapa konsep di bawah ini :
1.    Metode pelatihan harus dikembangkan semenarik dan semudah mungkin untuk diikuti oleh peserta dengan rentang usia yang jauh.
2.    Evaluasi dan pemantauan program dilakukan secara terus menerus dan mengadakan perbaikan dari hari ke hari.
3.    Tersedianya program follow up di sekolah yang mengakomodasi peserta untuk mempraktekkan apa yang sudah dipelajarinya sehingga pembelajaran tidak berlalu dengan sia-sia.

INSTRUMEN EVALUASI PROGRAM

Nama             :  ……………………………….
Jabatan          :  ………………………………
Usia                :  ………………………………

Jawablah pertanyaan berikut dengan menuliskan huruf  ‘Y’ untuk ya, dan “T’ untuk tidak.
1.    Program ini sangat  bermanfaat untuk Anda.   ............
2.    Program ini membantu Anda dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.  ...........
3.    Program ini menghambat Anda dalam mengerjakan aktivitas yang lain.  ............
4.    Pembelajaran yang dilaksanakan menyenangkan.  ............
5.    Pelatih memiliki kemampuan dan kualifikasi yang baik.  ............
6.    Anda merasa perlu untuk mengikuti program ini.  ............
7.    Program ini membantu meningkatkan pelayanan terhadap siswa.  ............
8.    Program ini membantu meningkatkan pelayanan terhadap orang tua.  ............
9.    Sarana dan prasarana kegiatan sudah memadai.  ............
10. Anda merasa ada kemajuan setelah mengikuti program ini.  ............
11. Program ini perlu dilaksanakan secara rutin dan bertahap.   ............

No comments :

Post a Comment